srsbusiness.org

Hati-hati! Ini Dampak Negatif Game Online

Hati-hati! Ini Dampak Negatif Game Online

Sudah tidak heran jika di era digital ini banyak anak-anak dan orang dewasa yang menghabiskan waktunya untuk bermain game online. Sebenarnya, bermain game itu boleh saja asalkan jangan sampai berlebihan yang bisa membuat kita bisa merasakan dampak negatif game online.

Game online yang bisa dimainkan di berbagai gadget sendiri bisa ditemukan dengan mudah di internet, PlayStore, ataupun AppStore. Tampilannya yang memukau, hingga permainannya yang seru terkadang membuat anak-anak bahkan orang dewasa lupa waktu dan kecanduan. Bahkan dampak negatif dari game online bisa mengganggu kesehatan fisik dan kesehatan mental, lho!

Kira-kira apa saja ya dampak negatif game online bagi anak-anak dan orang dewasa? Yuk, simak selengkapnya.

Dampak Negatif Game Online

Menurut rangkuman The Conversation dari dokumen ICD-11 terbitan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kecanduan game online bisa berdampak kepada kesehatan mental. Dokumen ICD sendiri sering digunakan oleh para tenaka kesehatan untuk mengelompokkan berbagai penyakit dan kondisi kesehatan, mulai dari melahirkan, sakit flu, hingga kecanduan game.

Berikut dampak negatif game online:

  1. Perubahan Mood

Perubahan mood atau mood swing dapat diakibatkan oleh kecanduan game. Ini adalah kondisi dimana game online bisa menjadi penentu mood seseorang.

Hal ini bisa dilihat saat pemain kalah dan menang. Jika kalah bisa dipastikan pemain akan kesal bahkan marah besar hingga melampiaskan kemarahannya dengan memukul atau berteriak seenaknya, sebaliknya pemain akan senang jika ia memenangi game.  

  1. Otak Depan Sulit Berkembang

Beberapa penelitian pernah menyebutkan jika otak tidak akan terstimulasi jika terus menerus bermain game online.

Salah satu penelitian di Jepang bahkan sempat membandingkan kinerja otak anak yang sering bermain game komputer akan terganggu perkembangan otaknya jika dibandingkan dengan anak yang lebih banyak belajar aritmatika.

  1. Penurunan Konsentrasi Belajar

Bermain game pasti membutuhkan fokus yang cukup besar. Jika bermain dalam waktu singkat mungkin game bisa melatih fokus. Namun jika terlalu banyak bermain game, fokus belajar atau bekerja akan berkurang.

Hal ini terjadi karena para pemain game akan lebih aktif memikirkan bagaimana cara untuk menyelesaikan tahap permainan dan mengalahkan lawan.

  1. Halusinasi

Berdasarkan sebuah survei, lebih dari 1200 orang yang bermain game online akan mengalami halusinasi yang didapat dari efek suara dalam game.

  1. Insomnia

Berhadapan dengan laptop atau smartphone membuat tubuh terganggu dalam memproduksi hormon melatonin, sehingga bisa menyebabkan insomnia.

Dengan kurangnya hormon melatonin maka para pemain game akan sulit untuk tertidur, yang nantinya tentu bisa menyebabkan efek domino yang buruk pada kesehatan tubuh.

  1. Kerusakan Mata

Mata mudah lelah, minus bertambah, memerah, sakit kepala, hingga kerusakan saraf mata bisa diakibatkan dari terlalu lama menatap layar laptop atau smartphone saat bermain game online.

  1. Gangguan Motorik

Hanya duduk bermain game saja selama seharian bisa membuat pemain game kurang banyak bergerak. Hal ini akan mengakibatkan kemampuan motorik menurun, bahkan bisa menyebabkan obesitas.

  1. Masalah Komunikasi

Kecanduan game online bisa membuat para pemain mengalami kesulitan saat berkomunikasi. Kegiatan berkomunikasi yang baik bukan hanya sekedar mendengarkan dan memberi respon perkataan orang lain, namun juga termasuk membaca ekspresi lawan bicara. Jika terlalu banyak bermain game tentu para pemain akan sulit berkomunikasi yang baik. Bahkan ini juga bisa membuat mereka jadi sulit bersosialisasi secara luas.

Itulah dampak negatif game online. Agar terhindar dari kecanduan game online ada baiknya kamu bermain game hanya secukupnya saja untuk mengisi waktu ya!

Exit mobile version